Bansos DKI Cair Hari Ini

Bansos DKI Jakarta Dijadwalkan Cair Senin 19 Juli 2021

Buat teman-teman yang merupakan warga di daerah DKI jakarta, boleh sedikit lega. Menurut berita Bansos DKI Jakarta Dijadwalkan Cair Senin Tanggal 19 juli 2021, hari ini. Masyarakat DKI Jakarta bisa melakukan pengecekan bantuan sosial tunai atau bst yang dicairkan pada tahap 5 (bulan mei 2021) dan 6 (bulan juni 2021)  dengan menggunakan kartu keluarga (KK).

Untuk melakukan pengecekan, apakah Anda termasuk penerima BST Pemprov DKI Jakarta, silahkan kunjungi link https://corona.jakarta.go.id/id/informasi-bantuan-sosial kemudian masukkan nomor kartu keluarga (KK) dalam kotak yang tersedia.

Perlu diketahui, penerima Bantuan Sosial Tunai harus terdaftar sebagai penerima bantuan sosial sembako tahun 2020 hasil pembaruan dan pemadanan data Disdukcapil DKI Jakarta. Selain itu, penerima bukan termasuk dalam penerima bantuan sosial program keluarga harapan (PKH) dan juga bantuan pangan non-tunai (BPNT).

Bantuan yang akan dicairkan pada Senin (19/7/2020) tersebut, merupakan pendanaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi DKI Jakarta yang akan disalurkan dalam bentuk buku tabungan dan Kartu ATM Bank DKI.

Tercatat 1.007.379 KK terdaftar sebagai penerima BST Pemprov DKI Jakarta. Penerima BST terbanyak tercatat di Jakarta Timur yakni 497.490 KK, disusul Jakarta Utara dengan 210.344 KK, Jakarta Selatan dengan 160.733 KK, Jakarta Barat 79.346 KK, Jakarta Pusat 55.346 KK, dan 4.120 KK di Kepulauan Seribu.

Pada sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Bapak Anis Baswedan menjelaskan bahwa bantuan sosial tunai untuk wilayah DKI Jakarta dianggarkan sebesar 604miliar rupiah. Dengan sumber dana yaitu Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang dijadwalkan akan cair pada hari senin 19-7-2021. ANggaran sebesar 604miliar rupiah tersebut akan diperuntukan bagi kurang lebi 1,8juta kepala keluarga.

Secara detail, rincian pembagian bansos tersebut adalah satu juta kepala keluarga akan menerima bantuan dari anggaran pendapatan belanja daerah, dan sekitar 837.000 kepala keluarga lainnya akan menerima bantuan dari anggaran belanja dan pendapatan negara. Data yang dipakai, lanjut bapak gubernur Anies baswedan, sama dengan data yang dijadikan rujukan program vaksinasi.

“Untuk bantuan sosial, data rujukannya sama dengan data vaksinasi, sehingga targetnya tidak beririsan. Kita pastikan berjalan dengan baik, termasuk pembagian beras, mulai besok Insya Allah dijalankan,” Kata beliau, Minggu kemarin.

Perlu diketahui teman-teman, bansos yang akan diberikan kepada masyarakat ini sebesar 300ribu rupiah per tiap bulan. Bansos yang dibagikan ini  merupakan bantusan sosial tahap 5 dann 6, jadi bantuan sosial selama dua bulan. Besaran bantuan yang akan diterima masyarakat DKI Jakarta senin ini adalah 600ribu rupiah.