Cetak Kartu Vaksin Online Di PeduliLindungi

Cetak Kartu Vaksin Online Di PeduliLindungi

Bagi masyarakat yang sudah mengikuti program vaksinasi dari pemerintah, bisa melakukan Cetak Kartu atau Sertifikat Vaksin Secara Online dengan mudah. Cetak kartu vaksin bisa dilakukan di situs “www.pedulilindungi.id”. Catatan “tentu saja ini berlaku buat yang sudah mendapatkan vaksin”, bagi anda yang belum melaksanakan vaksinasi tentu saja tidak bisa.

Situs pedulilindungi adalah website dan aplikasi resmi yang di develop untuk membantu pemerintah memetakan pelaksanaan vaksinasi. Dimana vaksinasi sekarang ini sedang digenjot dan digencarkan guna memutus dan menghentikan penyebaran corona virus (Covid-19).

Selama pemberlakuan PPKP (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) darurat di pulau jawa dan pulau bali, syarat wajib yang harus dimiliki oleh masyarakata yang hendak bepergian menggunakan mode transportasi umum adalah harus memiliki kartu sertifikat vaksinasi.

Sertifikat akan didapat dan dimiliki oleh masyarakat jika mereka sudah melakukan program vaksinasi covid-19 tahap 1 maupun tahap ke 2. Jika teman-teman sudah melakukan vaksin, maka teman-teman bisa mendownload nya dari situs pedulilindungi. Anda cukup memasukkan data diri, kemudian anda bisa mendownload lalu mencetaknya.

Ada 3 cara untuk mencetak kartu sertifikat vaksin dari pedulilindungi, caranya adalah sebagai berikut :

1. Cara yang pertama adalah teman-teman bisa langsung mengunjungi website pedulilindungi.id :

  • Buka halaman situs www.pedulilindungi.id Klik menu “Login” pada bagian kanan atas halaman tersebut.
  • Inputkan nomor handphone yang teman-teman gunakan saat proses registrasi vaksinasi. Setelah itu klik menu “Login Sekarang”.
  • Kemudian inputkan kode OTP yang dikirim ke ponsel teman-teman.
  • Setelah sukses login, klik kolom nama teman-teman yang terletak di pojok kanan atas situs Peduli Lindungi.
  • Lanjutkan pilih menu “Sertifikat Vaksin”.
  • Akan muncul tampilan sertifikat vaksin pertama dan kedua jika Anda telah lengkap menerima dua kali vaksinasi.
  • Finish, klik tampilan sertifikat vaksin dan klik menu “Unduh Sertifikat” Setelah berhasil di download, sertifikat vaksin tersebut akan masuk ke storage penyimpanan handphone atau komputer. Kemudian bisa anda cetak sendiri menggunakan printer.

2. Cara cetak kartu/sertifikat vaksin di Pedulilindungi melalui aplikasi smartphone :

  • Silahkan buka aplikasi playstore kemudian cari dan instal aplikasi pedulilindungi.
  • Aktifkan GPS ketika membuka aplikasi tersebut.
  • Jika baru pertama kali menggunakan aplikasi pedulilindungi, sebaiknya buatlah akun dengan lengkap sesuai dengan KTP dan nomor handphone.
  • Setelah berhasil aktivasi silahkan masuk ke dashboard pedulilindungi aplikasi.
  • Pada pojok kanan atas terdapat menu akun pribadi, masuk ke menu tersebut.
  • Klik sertifikasi vaksin.
  • Inputkan nama lengkap dan NIK (Nomor Induk Kependudukan)
  • Unduh sertifikat vaksin digital.

3. Cara cetak kartu vaksin yang ketiga adalah melalui sms dari pedulilindungi :

Cara mencetak kartu vaksin yang ketiga ini, bisa dilakukan jika anda sudah menerima pesan berupa SMS dari pedulilindungi. Biasanya pesan SMS akan dikirim ke nomor handphone yang anda daftarkan ketika anda mendaftar untuk mrngikuti program vaksinasi.

SMS akan diterima oleh peserta vaksinasi, rentang waktunya berbeda. Ada yang langsung menerima sms, ada juga yang berselang satu sampai dua hari setelah dilaksanakannya vaksinasi ke satu ataupun kedua.

Jika teman-teman sudah menerima SMS dari pedulilindungi, biasanya disertakan link. Jika anda klik link tautan tersebut maka anda akan dibawa ke sistem yang menampilkan surat sertifikasi vaksinasi anda. Kemudian unduh, atau juga bisa anda lakukan dengan screenshot.

Sebagai perhatian : Sebaiknya teman-teman mengikuti prosedur yang berlaku. Jangan sekali-kali mengakali sistem, ataupun membuat sertifikasi vaksinasi yang palsu. Karena pastinya resikonya sangat besar. Anda pasti dihadapkan dengan hukum.