Harga Oppo Reno 6

harga oppo reno 6

Perusahaan smartphone merk Oppo resmi memasarkan ponsel seri Reno terbarunya ke negara Indonesia, smartphone tersebut adalah Oppo Reno 6. Smartphone ini merupakan suksesor dari Oppo Reno 5 yang dirilis di Indonesia pada bulan Januari 2021 yang lalu.

Smartphone Oppo Reno 6 adalah termasuk Hp kelas menengah (mid-range). Harga Oppo Reno 6 dibanderol sekitar Rp 5,2 juta. Salah satu fitur yang menjadu unggulan dari smartphone ini adalah kamera.

Sebenarnya apa sih yang ditawarkan oleh smarphone Oppo Reno6 di sektor kamera? Oppo Reno6 masih mengandalkan fitur kameranya sebagai nilai jual yang utama. Kamera Reno6 mempunyai fitur foto dan video yang didukung kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Kamera belakang Oppo Reno 6 dibekali dengan empat kamera belakang yang dipasang pada modul berbentuk persegi panjang yang membulat di bagian pinggir-pinggirnya.

Konfigurasi kamera belakang Oppo Reno 6 terdiri dari kamera utama 64 MP (f.1,7), kamera wide-angle 8 MP (f/2.2, 119 derajat), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan kamera mono 2 MP (f/2.4). Konfigurasi kamera ini serupa dengan konfigurasi kamera belakang pada smartphone Oppo Reno 5.

Tetapi bedanya, Oppo melengkapi kamera Reno6 dengan fitur videografi yang lebih unggul dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligent/AI). Teknologi ini memungkinkan produsen smartphone menembus batasan hardware kamera dengan memaksimalkan kemampuan algoritma AI. Kecerdasan buatan ini hadir dalam fitur-fitur videografi, seperti Bokeh Flare Portrait Video, video portrait dengan AI Highlight Video, Portrait Beautification Video, dan fitur editing Palet AI.

Teknologi kecerdasan buatan ini sebenarnya juga telah hadir di seri Reno5, lewat fitur AI Mixed Portrait dan AI Highlight Video. Tetapi di Reno6, Oppo mengunggulkan kemampuan video dengan fitur Bokeh Flare Portrait Video dan AI Highlight Video.

Apa sih yang dimaksud dengan fitur AI Highlight Video dan Fitur Bokeh Flare Portrait Video, Biar teman-teman tidak bingung berikut penjelasannya :

Fitur AI Highlight Video

Cara fitur bekerja adalah untuk memastikan agar objek dalam video dan latar belakang dapat terlihat sama jelasnya, dengan mengaktifkan algoritma HDR Live di Oppo Reno6, yang akan mengatur gelap-terang antara subyek dengan latar. Misalnya, saat pengguna merekam subyek video dengan background yang terlalu terang, sementara subyek ada di dalam bayangan, maka algoritma HDR Live akan mengatur kecerahan subyek dan latar belakang agar seimbang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Sebaliknya, saat pengguna merekam subyek video dengan background yang terlalu gelap, sementara subyek mendapatkan cahaya yang terang, maka yang diaktifkan adalah algoritma Ultra Night Video dalam Oppo Reno6.

Menariknya, kedua fitur ini bisa digunakan saat pengguna memakai kamera depan dan belakang Oppo Reno6. Namun perlu diketahui, video dengan fitur tersebut hanya bisa merekam dalam resolusi HD 720p. Namun kualitas tersebut sudah layak untuk konten-konten video instan, seperti Instagram Stories, Reels, atau TikTok.

Fitur Bokeh Flare Portrait

Fitur ini bekerja di mode foto maupun video. Fitur Bokeh Flare Portrait memungkinkan Oppo Reno6 bisa menghasilkan efek bokeh sinematik, serupa seperti kamera DSLR atau mirrorless dengan lensa bukaan besar. Selain memberikan efek bokeh sinematik yang halus, mode ini juga diklaim Oppo tetap menjaga ketajaman pada subyek, sehingga hasilnya bisa mirip seperti kamera profesional. Fitur Bokeh Flare Portrait akan lebih maksimal saat merekam subyek video dengan latar yang penuh pola, seperti daun-daun, lampu, atau obyek-obyek warna-warni. Efek bokeh yang dihasilkan, seperti kecerahan dan ukuran, juga akan berubah-ubah menyesuaikan kondisi sekitar. Hal ini bisa dilakukan berkat algoritma AI yang dipunyai oleh kamera.