Manfaat latihan ketahanan resistensi

Manfaat latihan ketahanan resistensi

Ingin memiliki tubuh yang lebih kuat dan cantik? Maka yang terbaik adalah bangkit kembali dan memulai sesi latihan ketahanan.

Apa itu latihan beban?

Latihan beban termasuk latihan dengan beban, mesin, dan bahkan beban tubuh untuk melatih otot dengan benar. Ini juga dikenal sebagai latihan kekuatan atau latihan ketahanan. Ini bisa sangat membantu dalam mencapai tubuh yang lebih sehat.

Jenis pelatihan ini biasanya dikaitkan dengan atlet yang perlu memperkuat tubuh mereka. Kebanyakan orang berpikir bahwa setelah latihan ketahanan, tubuh akan menjadi lebih besar. Sebenarnya tidak. Latihan ketahanan hanyalah tentang meningkatkan kekuatan tubuh, bukan ukuran tubuh.

Sebenarnya, semua orang bisa mempraktikkannya. Ini terutama membangun dan mengencangkan otot untuk membuat tubuh terlihat lebih baik. Program pelatihan ini sangat disarankan bahkan untuk orang tua. Program pelatihan umum untuk orang dewasa yang lebih tua adalah resistensi berdiri dengan beban bebas atau duduk di mesin berintensitas sedang.

Bagaimana cara kerja latihan resistensi?

Program pelatihan ketahanan akan mencakup penggunaan berbagai mesin dan peralatan seperti bench press, dumbel, atau barbel. Saat peralatan digunakan, otot-otot di tubuh bekerja melawan beban. Kemudian sel-sel tubuh beradaptasi dengan kelebihan berat badan. Ini kemudian akan menyebabkan hipertrofi, atau pembesaran dan pembesaran sel-sel saraf untuk membantu kontraksi otot.

Sebelum melakukan latihan resistensi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Ini terutama berlaku untuk orang yang sakit atau kelebihan berat badan. Jenis pelatihan ini bukanlah sesuatu yang dapat Anda pelajari sendiri. Anda perlu mengetahui peralatan yang tepat sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Sebelum mulai bekerja dengan beban, tubuh juga perlu dipersiapkan.

Latihan beban juga bisa dilakukan tanpa membutuhkan peralatan. Push-up adalah contoh yang baik. Anda dapat melakukan ini hampir di mana saja di mana ada banyak ruang untuk gerakan Anda. Kali ini, otot akan terpengaruh oleh berat tubuh Anda sendiri. Jadi mereka yang memiliki budget sedikit tetap bisa berlatih dengan beban.

Apa manfaat dari latihan resistensi?

1. Meningkatkan kepadatan mineral tulang.
Tulang terus-menerus dimodifikasi, yang berarti bahwa jaringan dihancurkan pada saat yang sama dengan pembentukan. Puncak remodeling terjadi pada masa pubertas. Namun, seiring bertambahnya usia, mereka mungkin memiliki masalah dengan kepadatan mineral tulang, karena rekonstruksi mungkin tidak seaktif itu. Hal ini terutama menjadi masalah bagi wanita pascamenopause.

Kepadatan mineral tulang biasanya didukung oleh hormon. Untuk mengatasi kekurangan hormon untuk menjaga kepadatan mineral tulang, aktivitas fisik adalah pilihan terbaik berikutnya. Latihan ketahanan merupakan salah satu latihan fisik yang dapat mengatasi masalah ini.

2. Peningkatan kekuatan
Saat Anda maju melalui program latihan ketahanan, Anda akan mengembangkan tulang yang kuat dan otot yang kuat.

3. Perluas jangkauan operasi.
Ketika tubuh Anda cukup kuat untuk membawa beban yang signifikan, Anda pasti akan dapat melakukan aktivitas yang lebih berat. Anda cenderung rajin dan dapat menjalani gaya hidup yang lebih aktif.

4. Mengurangi lemak tubuh.
Melatih otot Anda pasti akan memberikan tubuh Anda latihan yang dibutuhkan dan membuang lemak yang tidak diinginkan. Dengan demikian, mengharapkan peningkatan nada tubuh. Selain itu, berharap tubuh Anda menjadi lebih baik, lebih ramping.

5. Memperbaiki kondisi orang tua
Untuk manula, mengikuti program pelatihan ketahanan dapat membantu meningkatkan kesehatan mereka dan mengurangi risiko yang terkait dengan usia. Mereka bisa lebih mandiri, tidak perlu bergantung pada orang lain untuk hal-hal sederhana. Mampu melakukan ini juga akan mengurangi risiko cedera pada orang tua.

6. Memperbaiki kondisi jantung.
Latihan ketahanan secara teratur dapat menurunkan detak jantung dan tekanan darah, terutama setelah berolahraga. Risiko penyakit jantung sangat berkurang.

Namun, pelatihan tersebut harus dilakukan dengan benar. Dibutuhkan komitmen dan konsistensi. Ini perlu dilakukan secara teratur, pada jadwal yang akan direkomendasikan oleh dokter atau pelatih Anda. Jika dilakukan secara tidak benar, manfaat dari program tersebut dapat hilang dan bahkan dapat menyebabkan cedera.

Hal utama di sini adalah meluangkan waktu Anda. Lakukan dengan benar, selangkah demi selangkah. Saat tubuh Anda membaik, lanjutkan ke tugas yang lebih menantang. Kekuatan dan penampilan tubuh dipertaruhkan dalam latihan ketahanan. Jadi sebaiknya Anda melakukannya dengan benar.