Nikmati Liburan Tanpa Berlebihan
image source : unsplash.com

Nikmati Liburan Tanpa Berlebihan

Bagi mereka yang memperhatikan lingkar pinggang mereka, musim liburan bisa menjadi sangat sibuk. Namun, kabar baiknya adalah kebanyakan orang tidak membeli sebanyak yang mereka kira selama ini. Namun kabar buruknya, berat badan yang bertambah selama musim liburan berubah menjadi hadiah yang tidak diinginkan yang tidak dapat dikembalikan.

Para peneliti di National Institutes of Health dan Medical University of South Carolina mempelajari 195 orang dan menemukan bahwa hampir setahun kemudian, 85% partisipan masih tidak kelebihan berat badan. Ini berarti bahwa bahkan jika Anda hanya mendapatkan dua pon selama liburan, jika Anda melakukannya secara konsisten dari tahun ke tahun, Anda akan menjadi 10 pon lebih berat hanya dalam lima tahun! Studi ini juga menemukan bahwa peserta yang kelebihan berat badan dan obesitas memperoleh berat badan paling banyak saat berlibur dibandingkan dengan yang lain.

Jangan khawatir, Anda tidak perlu berhibernasi selama liburan untuk menghindari penambahan berat badan. Ada cara cerdas untuk mengubah perilaku Anda sehingga Anda tetap dapat menikmati diri sendiri tanpa menjadi anggota tidak resmi dari klub pemenang liburan.

Berusahalah selama lima hari. Pastikan Anda makan lima porsi atau lebih buah dan sayuran sehari. Mereka lebih rendah kalori daripada kebanyakan makanan lain dan jauh lebih tinggi nutrisi. Plus, karena mereka sering tinggi serat, mereka membantu Anda merasa kenyang. Jadi, berjanjilah pada diri sendiri bahwa sebelum memanjakan diri dengan suguhan meriah, Anda akan makan lima porsi sehari terlebih dahulu.

Izinkan indulgensi, tetapi batasi. Lebih baik membiarkan diri Anda makan satu kue atau satu potong kue sehari. Tapi tidak lebih. Ini tidak berarti bahwa Anda harus makan setiap hari, dan juga tidak memberi Anda kebebasan untuk makan dua porsi dalam satu hari, karena Anda tidak makan apa pun sehari sebelumnya. Tetap pada batasan Anda. Dan ingat bahwa bahkan kesenangan sehari saja mungkin mengharuskan Anda untuk menurunkan asupan kalori di tempat lain atau membakar kalori ekstra itu.

Beri diri Anda hadiah lebih awal. Jadikan aktivitas fisik harian sebagai prioritas, tidak peduli seberapa singkatnya. Olahraga adalah faktor utama dalam mencegah penambahan berat badan dan penurunan berat badan. Jadwalkan waktu olahraga di kalender Anda dan jangan biarkan apa pun mengabaikannya. Merawat diri sendiri adalah hadiah terbaik yang bisa Anda berikan.

Habiskan lebih sedikit waktu di dapur. Memasak dan memanggang untuk liburan adalah pengalaman yang sangat menyenangkan bagi banyak orang, tetapi apakah benar-benar perlu memanggang lusinan makanan penutup yang paling bergizi? Cobalah mencari alternatif untuk memanggang dan memasak yang akan membuat Anda bersenang-senang di dapur bersama keluarga dan teman, tetapi lebih bergizi.

Jauhkan ini dalam perspektif. Makan berlebihan dalam satu kali makan tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan permanen. Tetapi jika Anda menggunakan itu sebagai alasan, “Lagi pula, saya merusak hari saya,” itu dapat menyebabkan efek bola salju. Jangan biarkan ini menghentikan Anda dari berolahraga hari itu atau berikutnya, atau memberi Anda alasan untuk makan berlebihan sepanjang hari.

Jangan berlebihan. Sangat mudah untuk terjebak dalam pusaran. Anda mungkin memiliki saran untuk pesta bisnis, pertemuan keluarga, sosialisasi lingkungan, acara sekolah, dan sebagainya, beberapa di antaranya dapat dikatakan tidak. Mudah stres jika Anda melakukan terlalu banyak aktivitas. Selain itu, stres sering menyebabkan pilihan makanan yang buruk dan penolakan untuk berolahraga. Belum lagi, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa stres sebenarnya dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Pergi ke belakang garis. Di pesta prasmanan, biarkan orang lain mengambil meja makan terlebih dahulu. Kemungkinan banyak makanan yang paling menggoda (dan berkalori tinggi) mungkin hilang sebelum Anda mendapatkan piring Anda, menghemat beberapa godaan.