Tiga Desa Dengan Jumlah Janda Terbanyak Di Indonesia

Tiga Desa Dengan Jumlah Janda Terbanyak Di Indonesia

Wartajakarta84.com – Tiga Desa Dengan Jumlah Janda Terbanyak Di Indonesia. Tingginnya angka pernikahan dini dan tidak didukung dengan kesiapan mental serta kesiapan ekonomi, seringkali memicu terjadinya perselisihan di dalam rumah tangga. Dimana ujung-ujungnye menyebabkan terjadinya perceraian.

Selain hal-hal diatas, faktor pendidikan juga merupakan salah satu faktor yang ikut mempengaruhi terjadinya perceraian. Dengan tingkat pendidikan yang rendah, biasanya seseorang cenderung berfikir pendek. Jika ada perselisihan didalam rumah tangga, tidak coba mencari solusi yang terbaik, tetapi lebih buru-buru untuk menyelesaikkannya dengan perceraian.

Dikarenakan 50% lebih penduduk wanita nya menyandang status janda, maka tiga desa di indonesia ini memperoleh julukan sebgai “DESA JANDA”. Penasaran? Desa manakah itu, berdasar data yang kami import dari POSKOTA berikut desa-desa tersebut :

1. Desa Arbain, Pasuruan Jawa Timur.

Wilayah ini dihuni oleh para janda yang tidak mampu menghidupi kebutuhan dirinya. Itulah sebabnya, mereka yang ingin menyewa tempat tinggal biasanya tidak dikenai tarif sewa (gratis). Umumnya, masyarakat dengan status janda akan dibebankan biaya hidup seperti listrik dan makan saja.

Sebelum menghuni tempat ini, para janda akan diperiksa latar belakangnya. Mulai akta nikah, akta cerai, surat kematian suami dan berbagai dokumen lainnya yang dibutuhkan.

Mereka kemudian harus mematuhi peraturan tidak boleh membawa tamu laki-laki yang bukan keluarganya ke dalam rumah, kecuali ada tetangga yang menemani. Lebih lanjut, ketika salah satu warga di wilayah ini ingin menikah, maka dipersilahkan untuk meninggalkan desa tersebut.

2. Desa Batuah, Kalimantan Selatan.

Mayoritas janda di desa ini ditinggal meninggal oleh para suaminya. Kemudian mereka memutuskan tidak menikah lagi dan memilih menghidupi keluarganya sendiri sampai saat ini. Desa Batuah sendiri berada di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Menurut informasi dari tokoh setempat, dari 37 rumah di RT 03 Kelurahan Kemuning, Kampung Batuah, ada 26 janda yang harus menghidupi keluarganya. Artinya, hanya sembilan keluarga yang mempunyai suami sebagai kepala rumah tangga.

3. Desa Cibarayut, Bogor.

Berdasar iformasi yang kami peroleh, bahwa mayoritas janda di desa ini juga ditinggal meninggal oleh suaminya. Kebanyakan dari suami mereka bekerja sebagai penambang pasir di Gunung Salak, dan kebanyakan dari mereka meninggal akibat dari kecelakaan kerja dan sakit. Hal tersebut mengakibatkan populasi janda di Desa Ciburayut yang terletak di Bogor, Jawa Barat ini pun cukup tinggi.

Nah, tersebut diatas adalah informasi mengenai Tiga Desa Dengan Jumlah Janda Terbanyak Di Indonesia. Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel-artikel yang ada di website kami.