Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip 4 Di Banding Galaxy Z Flip 3

Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip 4 Di Banding Galaxy Z Flip 3

Samsung kembali meluncurkan smartphone flagship yang baru saja dirilis pada 10 Agustus 2022 lalu dalam acara “Samsung Galaxy Unpacked”. Setelah sukses merilis pendahulunya, yaitu Samsung Galaxy Z Flip 3, kini generasi keempat Samsung Galaxy Z Flip memiliki sejumlah peningkatan.

Meskipun secara sekilas terlihat mirip dengan Z Flip 3, tapi Z Flip 4 sudah mendapatkan beberapa update terbaru yang menarik dari segi spesifikasi, layar, kamera, hingga baterai.

Lalu, apa saja perbedaan signifikan dari kedua smartphone flagship Samsung ini? Berikut kekurangan dan kelebihan Samsung Galaxy Z Flip 4 yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan!

Kelebihan Samsung Galaxy Z Flip 4

Rilisan baru yang lebih murah dari pendahulunya saat launching ini punya kelebihan menarik. Yuk, simak selengkapnya!

1. Fitur Cover Screen

Ciri khas utama dari Samsung Galaxy Z Flip adalah adanya cover screen di sebelah kamera belakang yang berukuran 1,9 inci dengan resolusi 260 x 512 pixels. Namun, pada Z Flip 4 terdapat peningkatan pada fitur cover screen.

Kini, pengguna dapat balas pesan menggunakan emoji atau kalimat singkat melalui cover screen. Lalu adapun fitur quick setting yang lebih banyak serta didukung biometrik face unlock.

2. Performanya Lebih Cepat

Daya pacu dari Samsung Galaxy Z Flip 4 lebih cepat ketimbang pendahulunya, karena menggunakan chipset generasi terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 8 Plus Gen 1.

Sementara Z Flip 3 menggunakan chipset Snapdragon 888. Dengan begitu, secara performa Z Flip 4 tentu lebih unggul.

3. Desain Body Nya Lebih Ramping

Secara body, Samsung Galaxy Z Flip 4 lebih ramping karena engselnya yang semakin tipis.

Jika dibandingkan dengan Z Flip 3, dimensi seri 4 lebih sedikit menyusut dengan panjang menjadi 1,2 mm dan 1,5 mm untuk tingginya. Sehingga body yang ramping ini memberikan kenyamanan saat digenggam dan masuk ke dalam kantong.

4. Kameranya Handal

Samsung Galaxy Z Flip 4 memiliki dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 12 MP dan kamera ultrawide 12 MP. Selain itu, foldable phone ini juga dibekali dengan fitur mode malam “Nightography” khas Samsung Galaxy S22 Ultra.

Adanya fitur mode malam ini membuat hasil jepretan Z Flip 4 di malam hari bisa 65% lebih terang ketimbang seri sebelumnya.

5. Kapasitas Baterainya Lebih Besar

Daya baterai menjadi salah satu faktor penting dalam sebuah ponsel, Samsung Galaxy Z Flip 4 memiliki baterai dengan kapasitas 3.700 mAh dengan fitur fast charging 25W. Ini tentunya lebih besar dari Z Flip 3 yang hanya memiliki kapasitas 3.300 mAh.

Kekurangan Atau Kelebihan Samsung Z Flip 4

1. Tidak Adanya Jack 3.5mm

Samsung Galaxy Z Flip 4 telah menghilangkan port kabel jack 3.5 mm sehingga pengguna yang ingin mendengarkan musik atau melakukan panggilan telepon menggunakan headset harus menggunakan port tambahan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan wireless headset yang lebih efisien dan tidak perlu adapter tambahan.

2. Tidak Memiliki Slot Micro SD

Bagi sebagian orang, keberadaan slot micro SD menjadi penting sebagai memori tambahan. Namun sayangnya, fitur ini sudah dihilangkan oleh Samsung Galaxy Z Flip. Meskipun begitu, ponsel ini sudah dibekali memori internal yang cukup besar.

Spesifikasi Samsung Z Flip 4

  • Layar utama: 6,7 inch Dynamic AMOLED 2X, FULL HD+ (2640 x 1080 pixels), ratio 21.9:9, adaptive refresh rate 1~120Hz
  • Layar cover: 1.9 inch (512 x 260 pixels) Super AMOLED display, Corning Gorilla Glass Victus+
  • Chipset: Snapdragon+ Gen 1
  • RAM: 8 GB
  • ROM: 128/256/512GB
  • OS: Android 12 with One UI 4.1
  • Kamera depan: 10MP (f/2.4, 1.22 μm FF)
  • Kamera belakang: Dual Cam, 12 MP Wide (f/1.8, 1.8 μm, OIS) + 12 MP Ultra-Wide (f/2.2, 123° 1.12 μm); Video: Up to 4K 60fps
  • Koneksi: 5G
  • Baterai: 3.700mAh with 25W wired and 15W wireless charging, 4.5W reverse wireless charging
  • Warna: Essential Graphite, Bora Purple, Genderless Pink Gold, dan Conemporary Blue