Cara Mengatur dan Memilih Aquarium Air Asin

Cara Mengatur dan Memilih Aquarium Air Asin

Pilihan jenis akuarium air asin tergantung pada beberapa faktor. Misalnya, jenis hewan yang ingin Anda tempati, ruang yang Anda miliki, dan anggaran Anda. Secara umum, Anda akan ingin membeli akuarium laut terbesar yang Anda mampu yang sesuai dengan habitat Anda.

Ini untuk memastikan bahwa ikan Anda dan hewan lain merasa nyaman saat mereka tumbuh. Ikan dan invertebrata lain yang Anda pilih untuk menjajah akuarium Anda membutuhkan ruang yang cukup untuk berenang dan tumbuh, dan cukup oksigen untuk bertahan hidup. Saat memilih akuarium air asin, perlu diingat bahwa kedua faktor ini terutama ditentukan oleh ukuran akuarium.

Jadi mari kita bicara tentang komponen oksigen akuarium air asin. Jumlah oksigen di dalam air tergantung pada luas permukaan tangki. Artinya luas permukaan tangki yang terkena udara. Semakin besar luas permukaan akuarium laut Anda, semakin banyak ruang untuk pertukaran oksigen di permukaan.

Semakin banyak oksigen yang masuk ke akuarium dan semakin banyak gas berbahaya seperti karbon dioksida yang keluar dari akuarium, semakin sehat akuarium air asin Anda. Kandungan oksigen dalam air juga dipengaruhi oleh suhunya. Umumnya, semakin hangat air, semakin rendah kandungan oksigennya.

Sebagian besar spesies laut dari daerah tropis menyukai suhu air 75 derajat ke atas, jadi ini berarti lebih sedikit oksigen yang tersedia bagi mereka. Inilah saatnya menjadi penting untuk meningkatkan permukaan akuarium Anda dengan memastikan akuarium air asin Anda sebesar mungkin.

Bagaimana Anda melakukannya? Tidak ada akuarium air asin yang khas. Reservoir lepas pantai datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, tetapi luas permukaan dipengaruhi oleh bentuk reservoir, bukan volumenya. Ini berarti bahwa meskipun dua tangki memiliki volume yang sama, mereka mungkin memiliki luas permukaan yang berbeda tergantung pada bentuknya. Akuarium air laut yang tinggi dan tipis tidak akan memberikan nilai tukar gas yang baik. Pendek dan lebar sangat ideal.

Setelah Anda memilih tangki Anda, saatnya untuk memikirkan penghuninya. Tentu saja, ukuran akuarium Anda akan menentukan berapa banyak ikan dan invertebrata yang dapat ditampungnya. Hal utama yang harus dihindari saat menyiapkan akuarium air asin adalah kepadatan yang berlebihan. Terlalu banyak penghuni dan sistem penyaringan tangki Anda akan kelebihan beban. Ikan yang hidup dalam kondisi sempit mengalami stres, yang dapat menyebabkan penyakit dan kematian.

Anda dapat menghitung berapa banyak ikan yang akan ditampung akuarium air asin Anda dengan menempatkan satu inci ikan dalam empat galon air selama enam bulan. Setelah periode ini, perlahan-lahan tingkatkan jumlah ikan menjadi satu inci per dua galon. Ini berarti bahwa tangki 40 galon tidak boleh berisi lebih dari 10 inci ikan selama enam bulan pertama.

Jadi, misalnya, Anda dapat memilih satu 3 “ratu malaikat, dua 1” ikan badut, satu 2 “anjing kerajaan, satu 1” anjing dua nada, dan dua 1 “Bo Gregory. Setelah periode enam bulan, Anda dapat menambah jumlah inci di akuarium air asin Anda menjadi 20.

Tentu saja, ikan Anda akan tumbuh, jadi Anda harus beradaptasi dengan perubahan ukuran ikan Anda. Bentuk ikan Anda juga penting. Jika ikan Anda cenderung berat, Anda harus menempel di dasar tangki air asin Anda.

Menyiapkan akuarium air asin akan menghabiskan waktu dan uang Anda, jadi terimalah itu dan jangan menabung. Bahkan jika Anda menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk reservoir kecil, Anda masih bisa mengalami masalah. Jika Anda memilih yang salah pada awalnya, Anda mungkin harus membeli yang lain dan itu bisa mengecewakan. Singkatnya, jika Anda tidak punya uang untuk membeli tangki 30 galon atau lebih, jangan berinvestasi sama sekali.

Saat memilih akuarium air asin, ada banyak pilihan. Anda dapat memilih dari kaca dan akrilik, dan Anda bahkan bisa mendapatkan gaya karang siap pakai dengan lubang pra-bor untuk perangkat keras dan perlengkapan pipa. Tangki kaca yang disegel dengan semen karet silikon adalah pilihan umum. Desain persegi panjang sangat populer, tetapi mereka juga ditemukan dalam segi delapan dan segi enam. Mereka tidak beracun dan tidak mudah tergores.

Kelemahan dari akuarium air asin kaca adalah beratnya. Ini berarti bahwa tangki besar akan memiliki kaca yang sangat tebal. Cobalah untuk menemukan satu dengan bingkai plastik yang akan membuat tangki lebih stabil. Kaca berlapis tahan pecah, tetapi tidak sekuat kaca tempered.

Akuarium air asin akrilik memiliki beberapa jahitan sehingga lebih transparan. Namun, pandangan Anda mungkin masih terdistorsi di sudut-sudut. Wadah akrilik tidak seberat itu