Laser Penghilang Rambut dan Efek Sampingnya

Laser Penghilang Rambut dan Efek Sampingnya

Laser Penghilang Rambut dan Efek Sampingnya

Ketika saatnya tiba ketika Anda harus menjalani sesi laser hair removal pertama Anda, wajar jika Anda merasa gugup dan mungkin sedikit cemas. Ini karena Anda belum pernah melakukan ini sebelumnya dan tidak tahu apa yang diharapkan. Cobalah untuk rileks dan pikirkan kunjungan ini seperti kunjungan ke dokter lainnya.

Jika menunggu Anda ketika Anda tiba di kantor, usahakan agar pikiran Anda tetap sibuk sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan prosedur yang akan datang. Mungkin seorang teman dapat menemani Anda ke suatu janji atau, jika Anda sendirian, membaca buku atau majalah. Kesediaan untuk membayar juga dapat membantu Anda bersantai, karena ada satu hal yang tidak perlu dikhawatirkan.

Saat giliran Anda memasuki ruang perawatan, Anda akan diminta untuk melepas semua pakaian yang diperlukan dan Anda akan diberikan jubah. Jika tidak ada foto area yang akan dicukur laser selama konsultasi, perawat atau asisten akan mengambilnya sekarang.

Area yang akan dirawat akan dicuci untuk menghilangkan losion, kosmetik, parfum, atau deodoran. Kemudian akan diobati dengan alkohol. Tergantung pada prosedurnya, area tersebut mungkin atau mungkin tidak dicukur. Kulit dapat didinginkan sebelum perawatan untuk mengurangi efek samping. Anda dan semua orang di ruangan akan diberikan kacamata pengaman selama prosedur.

Dokter atau teknisi yang melakukan prosedur laser hair removal akan melakukan tes tempel. Ini akan memberinya kesempatan untuk menilai toleransi Anda terhadap perawatan, serta untuk memilih tingkat fluks energi yang benar. Ini juga akan membuat Anda merasa seperti laser dan mudah-mudahan menghilangkan kecemasan Anda. Satu pulsa akan dikirim ke area tes, yang akan berdekatan dengan area yang akan dirawat. Ini akan diperiksa untuk tanda-tanda kerusakan kulit seperti terik atau terbelah.

Ketika dokter siap untuk memulai prosedur, dia akan mengarahkan laser ke folikel rambut di area yang dirawat. Karena folikel rambut berpigmen gelap, mereka akan menyerap energi sinar laser. Waktu yang diperlukan untuk prosedur ini akan bergantung pada jumlah rambut yang dicabut, ukuran titik pancaran sinar, dan pola pemindaian pegangan yang digunakan dokter. Prosedur laser hair removal dapat memakan waktu 10 hingga 60 menit, tergantung pada area yang dirawat.

Banyak orang mengatakan bahwa laser terasa seperti karet gelang yang diklik pada kulit. Yang lain menggambarkannya lebih intens dari itu. Jika Anda merasa tidak nyaman atau sakit, Anda akan diberikan anestesi lokal atau agen pendingin.

Setelah menyelesaikan prosedur laser hair removal Anda, Anda akan siap untuk berpakaian dan mendiskusikan perawatan pasca operasi. Anda mungkin mengalami efek samping sementara seperti kemerahan dan pembengkakan, yang biasanya hilang dalam satu atau dua hari.

Setelah perawatan laser hair removal pertama, Anda akan merasa lebih rileks jika membutuhkan perawatan tambahan.

Efek samping dari laser hair removal

Laser hair removal dianggap sebagai perawatan medis dan, seperti semua prosedur medis lainnya, membawa risiko potensi efek samping. Kemungkinan mengembangkan satu atau lebih efek samping sebagian tergantung pada karakteristik kulit Anda. Efek samping dari laser hair removal bisa bersifat sementara atau permanen.

Kemungkinan mengembangkan efek samping sementara jauh lebih tinggi daripada mengembangkan efek samping permanen setelah laser hair removal. Efek samping sementara dapat berlangsung dari satu hari hingga beberapa bulan sebelum hilang sepenuhnya. Efek samping sementara yang dapat terjadi setelah laser hair removal meliputi rasa sakit, melepuh, bengkak, kemerahan, iritasi, dan hiperpigmentasi.

Beberapa orang menggambarkan ketidaknyamanan yang mereka alami selama dan setelah laser hair removal sebagai rasa sakit. Sensasi ini ada baik selama prosedur dan setelah selesai. Selama perawatan, perasaan tidak nyaman dapat dikurangi dengan bantuan anestesi lokal. Selama beberapa hari setelah prosedur, rasa sakit dapat dikurangi dengan obat pereda nyeri yang dijual bebas atau diresepkan.

Pembengkakan biasanya terjadi pada atau di dekat tempat pencukuran bulu. Perawatan topikal, seperti krim atau salep, biasanya meredakan pembengkakan. Efek samping ini mungkin tidak menyenangkan, tergantung pada area di mana laser telah dirawat.

Jika kemerahan terjadi sebagai efek samping dari laser hair removal, dapat diobati dengan krim atau salep topikal. Efek samping ini biasanya menyerupai sengatan matahari ringan.

Lepuh bisa menjadi efek samping yang sangat menyakitkan, tidak menyenangkan dan nyata dari perawatan laser. Beberapa orang tidak merasa nyaman dengan lecet. Jika Anda salah satu dari orang-orang ini, yang terbaik adalah menjadwalkan sesi laser hair removal Anda pada saat itu akan meminimalkan interaksi Anda dengan orang lain.

Penggelapan sementara pada kulit area yang dirawat disebut hiperpigmentasi. Biasanya, efek samping sementara dari laser hair removal ini akan hilang dengan sendirinya. Seringkali, area yang terkena hiperpigmentasi dapat ditutupi dengan riasan.

Selain efek samping sementara, ada juga kemungkinan kerusakan permanen atau permanen pada kulit. Setelah Anda memutuskan untuk menggunakan laser hair removal, Anda harus siap menerima risiko ini. Efek samping yang persisten termasuk perubahan warna kulit, jaringan parut, dan luka bakar.

Jika perubahan warna kulit memang terjadi, biasanya merupakan lesi kulit permanen di area yang telah dirawat. Panjang gelombang sinar laser dirancang untuk menargetkan pigmentasi gelap folikel rambut. Terkadang kulit gelap mungkin terpengaruh. Efek samping ini dapat menghancurkan secara emosional, meskipun tidak menyakitkan.

Bekas luka paling sering merupakan hasil dari perawatan atau perawatan berlebihan yang tidak disengaja oleh seseorang dengan pelatihan minimal. Sangat penting untuk memastikan bahwa prosedur laser hair removal Anda dilakukan oleh teknisi profesional yang berkualifikasi dan berpengalaman.

Luka bakar sangat jarang terjadi dan biasanya disebabkan oleh profesional yang tidak berpengalaman dan kurang berkualitas.

Risiko dan efek samping yang terkait dengan laser hair removal dapat diminimalkan jika perawatan dilakukan oleh profesional yang berkualifikasi. Penting juga untuk memberi tahu praktisi kesehatan Anda tentang kondisi hormonal atau keluarga apa pun yang dapat memengaruhi perawatan Anda. Terbakar sinar matahari dan paparan sinar matahari yang tidak terlindungi harus dihindari selama beberapa minggu sebelum perawatan.