Kompor Listrik Akan Menggantikan Kompor Gas, Apakah Tahun Ini?

Kompor Listrik Akan Menggantikan Kompor Gas, Apakah Tahun Ini?

Wartajakarta84.comKompor Listrik Akan Menggantikan Kompor Gas, Apakah Tahun Ini?. Siap ataupun tidak siap, dunia semakin mengalami perubahan yang sangat cepat. Meliputi semua hal, tanpa terkecuali di Indonesia, segala perubahan dilakukan untuk menuju ke arah yang lebih baik. Seperti halnya, untuk misi penghematan di masyarakat, pemerintah akan menggantikan kinerja kompor gas dengan kompor induksi listrik.

Berdasarkan apa yang tealah disampaikan oleh menteri perekonomian, bapak airlangga hartarto, pemerintah memberi kepastian bahwa konversi kompor gas lpg 3kg ke kompor listrik tidak akan dilakukan pada tahun 2022 ini.

Menurut pernyataan bapak airlangga hartarto bahwa Program kompor listrik induksi ini masih uji coba atau prototipe sebanyak 2 ribu unit dari rencana 300 ribu unit, yang akan dilaksanakan di Bali dan Solo. Hasil dari uji coba ini akan dilakukan evaluasi dan perbaikan-perbaikan.

Dalam waktu dekat ini kita dengar-dengar secara gencar bahwa pemerintah akan segera memberikan dan membagikan kompor listrik sebanyak 300ribu unit secara gratis kepada masyarakat. Akan tetapi menurut Airlangga, pembahasan anggaran dengan DPR terkait program kompor induksi belum dibicarakan. Dengan demikian program kebijakan ini tidak akan diberlakukan pada tahun 2022 ini.

Berdasarkan hasil pantauan dan apa yang terjadi di lapangan, Airlangga menyebut pemerintah belum mengambil keputusan yang berhubungan dengan program konversi kompor gas LPG 3 kg ke kompor induksi atau kompor listrik.

Menurut pernyataan bapak airlangga hartarto “Setelah melihat langsung kondisi di lapangan terkait konversi kompor LPG 3 kg menjadi kompor listrik induksi, dapat saya sampaikan bahwa pemerintah belum memutuskan terkait program konversi kompor LPG 3 kg menjadi kompor listrik induksi”.

Menurutnya tentu saja pemerintah akan melakukan kalkulasi dengan cermat tentang segala yang berasangkutan dengan biaya dan risiko, memperhatikan kepentingan masyarakat.

Dan pastinya yang terpenting pemerintah akan melakukan langkah pen-sosialisasi-an kepada masyarakat sebelum kebijakan program ini diterapkan.

Cara kerja kompor listrik

Kompor listrik adalah kompor dengan desain tanam yang mengandalkan listrik sebagai bahan bakar. cara kerja kompor listrik dengan mengaliri listrik melalui kumparan logam di bawah keramik atau kaca. Saat menyalakan kompor listrik, arus listrik akan mengalir melalui kumparan logam yang ada di bawah permukaan kompor, yakni berupa keramik atau kaca.

Apabila listrik sudah mengirimkan panas ke permukaan kompor, maka kompor akan mengeluarkan cahaya sebagai tanda siap digunakan. Selanjutnya, panas pada keramik permukaan kompor akan mengirimkan panas ke alat masak menggunakan energi infra merah. Sehingga, panci, wajan, atau alat masak lain akan terasa panas.

Setelah kompor listrik selesai digunakan dan dimatikan, kompor masih akan terasa panas, sehingga perlu waktu agar permukaan kembali dingin.