Beli Laptop Gaming Bisa Hemat Sampai Rp14 Jutaan

Beli Laptop Gaming Bisa Hemat Sampai Rp14 Jutaan

Wartajakarta84.comBeli Laptop Gaming Bisa Hemat Sampai Rp14 Jutaan. Berdasarkan data yang didapat dari We Are Social, Negara indonesia adalah negara ke tiga yang mempunyai gamers terbanyak didunia. Maka kalian tidak perli bingung, jika selalu menemukan dimana tempat banyak orang tua, dewasa, remaja maupun anak-anak selalu memainkan game.

Seiring dengan bertambah banyaknya pemain game, minat para pembeli laptop gaming pun meningkat. Berdasar pantauan grafik dari tahun 2019 hingga tahun 2022 ini, tercatat pembelian terhadap laptop gaming meningkat sangat pesat. Peningkatan nya mencapai 28%.

Berdasar analisa yang dilakukan melalui tools google keyword planer, di beberapa negara asia tenggara adalah laptop gaming Acer Nitro 5. Negara tersebut diantaranya adalah Indonesia, Singapura dan Filipina.

Acer Nitro 5 tampaknya menjadi pilihan yang sangat populer di kalangan gamer Asia Tenggara. Harga yang terbilang murah dengan kualitas terdepan di kelasnya, berhasil menempatkannya sebagai laptop gaming yang paling banyak dicari di Indonesia, Singapura, dan Filipina.

Berbeda dengan ketiga negara tersebut, para gamer di Thailand justru lebih memilih Lenovo Legion 5 sebagai laptop gaming favorit mereka. Faktanya, laptop ini juga menjadi salah satu laptop gaming yang berhasil berada pada 5 peringkat teratas di 4 dari 5 negara yang diamati, yaitu peringkat kedua di Filipina, ketiga di Singapura, dan kelima di Indonesia.

Sedangkan Dell Alienware X15 menjadi laptop yang paling populer di kalangan gamer Malaysia. Laptop yang berasal dari Negeri Paman Sam ini juga berhasil berada pada peringkat kelima di Filipina dan Singapura.

Laptop gaming favorit para gamers lainnya adalah ASUS TUF Gaming, yang berhasil memasuki 5 peringkat laptop gaming teratas di seluruh negara kecuali Singapura. Laptop ini berada di peringkat ketiga di Indonesia dan Malaysia (Model F15), keempat di Filipina (Model A15), dan kelima di Thailand (Model F15).

Sementara itu, HP Pavilion Gaming 15 memiliki pasar yang kuat di Thailand dan Indonesia. Laptop ini berada di posisi ketiga dan keempat berturut-turut di kedua negara ini.

Tidak bisa dipungkiri, saat ini terjadinya penurunan harga dan promosi menjadi salah satu peristiwa yang ditunggu-tunggu shopper maupun gamer untuk bisa membeli barang impian mereka.

Apalagi kalau barang yang mereka inginkan mempunyai nominal harga yang cukup besar seperti laptop gaming. Lalu, kira-kira berapa lama mereka harus menunggu untuk mendapatkan laptop gaming terpopuler dengan harga yang lebih miring?

Berdasarkan analisis data harga rata-rata riwayat penjualan ketiga laptop gaming terpopuler sejak baru dirilis hingga 3 dan 6 bulan setelahnya. Hasilnya, Lenovo Legion 5 Pro dan ASUS TUF Gaming F15 Acer Nitro 5 masing-masing mengalami penurunan sebesar 28% dan 20% menjadi Rp27,06 juta dan Rp18,47 juta setelah 3 bulan dirilis.

Berbeda dengan kedua laptop favorit lainnya, Acer Nitro 5 yang baru dirilis pada bulan Agustus tahun 2021 justru mengalami peningkatan harga sebesar 1%.

Dikutip dari The Guardian, kenaikan harga laptop terpopuler Acer ini sudah diperkirakan akan terjadi akibat kelangkaan chip global yang membatasi kemampuan mereka dalam memenuhi demand para gamer.

Peningkatan harga Acer Nitro 5 ini ternyata tidak berlangsung cukup lama karena pada bulan ke-6 justru terjadi penurunan harga hingga 24% menjadi Rp16,25 juta.

Sedangkan Lenovo Legion 5 Pro dan ASUS TUF Gaming F15 kembali mengalami peningkatan harga masing-masing sebesar 6% dan 2% menjadi Rp28,78 juta dan Rp18,76 juta. Harga ini tentunya masih cukup tinggi mengingat gaji rata-rata masyarakat Indonesia adalah sebesar Rp4,95 juta setiap bulannya.

Maka, berdasarkan pattern penurunan harga yang ditemukan dari bulan ke-3 dan ke-6, di perkirakan bahwa setelah 12 bulan dirilis, para gamer bisa mendapatkan laptop Acer Nitro 5, Lenovo Legion 5 Pro, dan ASUS TUF Gaming F15 dengan harga masing-masing sebesar Rp12,77 juta, Rp23,22 juta, dan Rp15,54 juta.

Dengan kata lain, gamer bisa mengirit sampai Rp7,42 juta (32%) untuk membeli ASUS TUF Gaming F15 setelah 12 bulan, Rp8,30 juta (39%) untuk Acer Nitro 5, dan Rp14,57 juta (39%) untuk Lenovo Legion 5 Pro.

Berdasarkan analisis data tersebut diatas diharapkan bisa membantu kalian (para gamer Indonesia) agar bisa tahu saat yang tepat untuk membeli laptop gaming terpopuler.