Aplikasi Perpanjangan Sim Online, Langsung Di Antar Ke Rumah

Aplikasi Perpanjangan Sim Online, Langsung Di Antar Ke Rumah

Wartajakarta84.com – Aplikasi Perpanjangan Sim Online, Hasilnya Langsung Di Antar Ke Rumah. Apakabar teman-teman, apakah SIM Kalian sudah mendekati akhir masa berlakunya. Ingin memperpanjang masa aktif SIM, tetapi tidak sempat untuk datang ke POLRES setempat. TENANG! Jangan khawatir, karena sekarang ada cara yang praktis dan mudah.

Sekarang perpanjangan SIM bisa dilakukan secara online menggunakan smartphone, dan yang lebih enaknya lagi kalau SIM nya sudah jadi langsung diantar ke rumah kita. Mau tahu caranya? Langsung saja disimak, berikut ini caranya :

Aplikasi Perpanjangan Sim Online

1. Unduh Dan Instal Aplikasi Digital KoorLanTas Polri.

Unduh aplikasi Digital Koorlantas POLRI di Appstore Untuk iOs atau Playstore Untuk Android. Setelah berhasil di unduh dan diinstal segera buat akun dengan memasukkan data berupa Nama, NIK KTP, Nomor Hp, Email Dll Secara Lengkap. Lakukan Verifikasi Akun melalui email.

2. Pilih Layanan “PERPANJANGAN SIM”.

Setelah akun berhasil terdaftar dan diverifikasi, buka kembali aplikasi Digital Koorlantas POLSI kemudian login. Setelah berhasil login pilih menu layanan perpanjang SIM, kemudian pilih jenis SIM apa yang hendak diperpanjang masa berlakunya.

Kemudian masukkan nomor SIM lama, unggah foto KTP, unggah juga foto dari SIM lama, unggah foto kertas yang sudah dibubuhin tanda tangan serta mengunggah pas foto dengan background biru dan resolusinya 480X640 Pixel.

3. Lakukan Tes Psikologi.

Jika sudah mengunggah semua berkas, maka kita harus mengikuti tes psikologi. Tes psikologi bisa dilakukan di aplikasi epPSi atau klik link dari aplikasi Digital Koorlantas Polri. Buat akun dengan email yang sama dengan akun di Digital Koorlantas Polri.

Tes psikologi ini akan dikenai biaya Rp 37.500. Bisa dibayar dengan e-wallet atau transfer ATM dari nomor rekening VA yang tertera dilayar. Soal di tes ini cukup banyak tapi gampang-gampang kok.

Jika sudah keluar hasil tes dan dinyatakan memenuhi syarat maka akan muncul tanda centang di aplikasi Digital Korlantas Polri pada bagian kelengkapan persyaratan.

4. Lakukan Tes Kesehatan Secara Online Atau E-Rikkes.

Pemeriksaan Kesehatan online ini dapat dilakukan di laman erikkes.id atau klik link dari aplikasi Digital Koorlantas Polri. Setelah membuat akun dengan email yang sama. Lakukan verifikasi identitas dengan KTP dan foto selfie.

Sesudah itu isi biodata dan isi riwayat Kesehatan pada form yang muncul di laman aplikasi. Lalu pilih faskes untuk kita melakukan pemeriksaan dengan memiliki lokasi kabupaten/kota serta tentukan jadwal kedatangan.

Kemudian kita bisa datang ke faskes yang dipilih, membayar biaya pemeriksaan lalu ke bagian e-rikkes SIM. Setelah data diinput, maka otomatis bagian e-rikkes akan tercentang.

Ada cara lain juga jika detikers tidak ingin ke faskes untuk rikkes, bisa dengan memilih Kota Jakarta Pusat dan pilih faskes Pusdokes Polri. Di sini rikkes bisa dilakukan online dan gratis. Jadi tidak perlu mendatangi RS atau puskesmas.

5. Pilih Lokasi SatPas.

Jika sudah melakukan erikkes dan tes psikologi, kembali ke aplikasi Digital Koorlantas Polri. Jika bagian keduanya sudah tercentang, baru bisa melanjut ke step berikutnya. Yaitu memilih lokasi pengurusan SIM wilayah Polda dan Polres yang terdekat. Pilih Satpas terdekat agar biaya pengiriman SIM juga lebih murah. Tidak harus sesuai dengan KTP.

6. Isi Nomor Rekening Pengembalian.

kemudian isi nomor rekening pengembalian dana. Tujuannya agar ketika permohonan perpanjangan SIM ditolak, maka uang akan dikembalikan melalui nomor rekening yang kita input di halaman ini.

7. Masukkan Alamat Pengiriman.

Selanjutnya inputkan alamat pengiriman SIM. Nantinya Satpas yang kita pilih akan mengirimkan SIM kita langsung ke alamat yang dimasukkan. Boleh alamat rumah, atau alamat kantor. Tidak harus sesuai dengan KTP. Pastikan alamat yang diinputkan benar, jangan sampai salah alamat nantinya.

8. Konfirmasi Data.

kalau sudah dimasukkan alamat pengiriman, selanjutnya pemohon diminta untuk mengkonfirmasi semua data yang diinput sebelumnya, mulai dari jenis SIM, nomor SIM lama, hingga alamat pengiriman. Untuk memastikan kesesuaian data, agar permohonan SIM disetujui dan dapat diproses.

9. Lakukan Pembayaran. 

Langkah paling akhir yakni lakukan pembayaran melalui BNI Virtual Account yang tertera di aplikasi. Biaya perpanjangan SIM C Rp 75 ribu dan SIM A Rp 80 ribu. Selain biaya perpanjangan SIM ada juga biaya layanan dan biaya ongkir yang jumlahnya berbeda-beda tergantung jarak Satpas dan alamat pengiriman.

Fisik Hasil Perpanjangan Sim Akan Dikirimkan Langsung Ke Rumah

Setelah semua proses selesai dilakukan, kalian tinggal menunggu dan melihat perkembangannya di aplikasi. Apakah permohonan perpanjangan kalian di setujui atau ditolak. Jika permohonan kalian disetujui, biasanya tidak sampai seminggu sim kalian sudah jadi. Setelah sim kalian jadi, maka sim kalian akan di proses untuk dikirmkan ke alamat kalian. Untuk itu wajib menbgisikan alamat dengan benar.