Cara daftar Online BLT UMKM BRI

Cara Daftar Online BLT UMKM BRI





Cara Daftar Online BLT UMKM BRI. Kabar baik bagi seluruh pelaku UMKM di Indonesia, mengapa? Karena tidak lama lagi dan dalam waktu dekat BLT UMKM sebesar 1,2juta akan segera dicairkan.

BLT UMKM ditujukan bagi para pelaku usaha. Sesuai dengan namanya, bantuan ini ditujukan khusus bagi pelaku usaha berskala kecil dan menengah.

Berbeda dengan bantuan-bantuan sosial yang lain, bantuan sosial tunai (BLT) Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) ini tidak dikelola langsung oleh Pemerintah Pusat. Melainkan diatur dan dikelola oleh pemerintah Daerah.

Dikarenakan oleh hal tersebut, maka mekanisme pendaftaran dan pencairannya pun harus menunggu ketentuan dan keputusan pemerintah daerah.

Salah satu bank HIMBARA yang ditunjuk untuk menyalurkan BLT UMKM yang nominalnya 1,2juta Rupiah ini adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Buat masyarakat pelaku UMKM yang memiliki Rekening BRI, tentunya akan sangat diuntungkan. Dikarenakan tidak harus kerja dua kali.

Lantas bagaimana cara agar kamu bisa mendaftarkan BLT UMKM ini? Tentunya kalian harus mendaftarkan usaha kalian. Caranya pendaftarannya ada dua macam, yakni online dan offline. Untuk lebih jelasnya berikut ini cara pendaftaran yang secara online :

Cara Daftar BLT UMKM BRI Secara Online





Untuk cara yang pertama, pendaftarannya bisa dilakukan secara online, berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Langkah pertama silahkan klik untuk kunjungi situs https://oss.go.id/daftar-umkm.
  2. Kemudian klik “DAFTAR”.
  3. Tentukan pilihan sesuai dengan usaha yang kalian jalankan.
  4. Masukkan segala macam data yang diperlukan, lanjut klik “DAFTAR”.
  5. Cek email dan klik tombol aktivasi yang dikirim ke email kalian.
  6. Klik menu “PERIZINAN BERUSAHA” Kemudian pilih “PERMOHONAN BARU”.
  7. Lalu lengkapi data-data yang diminta.
  8. Setelah selesai klik “SELANJUTNYA”.
  9. Pahami terlebih dahulu, untuk kemudian centang pernyataan Mandiri kalian.
  10. Periksa Draft Perizinan Berusaha.
  11. Selanjutnya harap bersabar, karena semuanya membutuhkan waktu, Kalian hanya perlu menunggu sampai perizinan tersebut terbit.

Jika Kalian memenuhi syarat, maka kalian akan ditelepon oleh pihak Bank BRI untuk segera mengisi formulir lanjutan di bank BRI cabang terdekat.

Ternyata untuk mendaftarkan usaha milik kita cukuplah mudah dan gampang. Mudah-mudahan dari kalian bisa memperoleh bantuan dari pemerintah. Mudah-mudahan bantuan tersebut mampu menopang usaha-usaha masyarakat untuk tetap terus bertahan dan berjalan ditengah-tengah badai resesi global.

Jangan lupa juga buat kita semua untuk tetap berdoa, agar semua ujian dan masalah yang saat ini sedang menerpa seluruh penjuru dunia segera berlalu. AMIN!